Shopping cart:
Jumlah = pcs
Keranjang
0857-4037-6969
546D3E89
Customer service 1
Customer service 1

Cara Memahami Mainan Anak

Senin, April 11th 2016.

Cara Kita Harus Memahami Mainan Anak

Cara memahami mainan anak

 

Sejak keluar dari kandungan ibu hingga menginjak dewasa, tiap-tiap orang membutuhkan kegiatan untuk mengisi waktu dengan aktifitas atau sesuatu yang menyenangkan. Teristimewa bagi anak-anak laki-laki maupun perempuan, aktifitas bermain merupakan suatu kegiatan belajar dan latihan bekerja. Hal ini dapat menentukan juga perkembangan individu si anak untuk kelak dia dewasa di kemudian hari nanti.

Oleh karena itu bagaimanakah kita dapat mengetahui mana mainan yang baik untuk pertumbuhan positif seorang anak? Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa mainan yang baik untuk anak kita adalah mainan yang harus memenuhi kriteria antara lain :

  • Mampu membentuk mental postitif
  • Mampu memunculkan daya kreativitas anak dan anak agar berlatih berkomunikasi
  • Memancing daya pikir anak agar mampu bernalar dan berkembang
  • Yang terpenting lagi bahwa mainan itu aman bagi kesehatan fisik dan jauh dari bahaya rohani anak.

Lalu muncul pertanyaan yaitu jenis mainan apakah yang cocok bagi anak? Ya, sebenarnya mainan yang cocok dan berguna manfaatnya bagi anak tidaklah harus mainan yang harganya mahal, berfitur canggih, dan merknya terkemuka. Ingat tujuan utama mainan adalah untuk mencapai kriteria-kriteria yang kita bahas sebelumnya tadi. Selain itu ada hal yang penting lagi yaitu, mainan yang kita berikan hendaknya disesuaikan dengan umur tumbuh kembang anak. Pada mainan yang ada terdapat di website ini opsi kategori dan pilihan orangtua sebenarnya sudah disediakan dengan sangatlah luas. Penjelasan kategori untuk bermacam mainan yang sesuai dengan umur anak bisa diperhatikan dari uraian artikel dibawah berikut ini.

 

Umur anak 0-1 tahun

Sejak dari keluar kandungan, sebenarnya anak-anak sudah mulai aktifitas bermain. Kalo kita amati permainan yang paling senang dimainkan adalah tangan mereka sendiri yang mungil itu. Ketika mereka bermain mereka sebenarnya sedang belajar mengenali tubuhnya pula, mereka akan menggoyang-goyangkan tangannya kesana kemari dan terus memperhatikannya. Anak bayi juga juga sangat senang mengamati obyek-obyek yang bergerak yang ada didepan mereka, telinga mereka pun juga cepat tanggap terhadap suara entah itu mainan musik yang berputar di atas kepalanya, atau sekedar memperhatikan gerakan mulut sang bunda yang mengajaknya bicara, meskipun kegiatan itu dia barengi selagi ia menikmati susu dari bunda. Ketika umur dimana ia mulai bisa memegang sesuatu, ia pun mulai menggoyang-goyangkan mainan yang bersuara (“rattle”). Dibarengi pula juga dia menggerakkan segala benda yang dapat dijangkau tangannya. Pada masa ini mainan menjadi suatu tantangan awal baginya yang dapat memotivasi dirinya melakukan suatu aktifitas, baik itu berguling balik, mencoba merayap, maupun gerakan untuk merangkak maju.

Menginjak umur 6 bulan

Sang anak biasanya mulai menghisap jari kakinya sendiri, karena hal ini menjadi mainan yang paling mudah didapat dan sangat menarik untuknya. Kemudian ketika umur 8 atau 9 bulan, anak mulai sering melempar segala benda yang ada didekatnya.. Pada aktifitas ini sang anak ingin melempar bukan tidak suka pada benda yang ia buang, melainkan dia lebih tertarik pada bunyi yang diakibatkan oleh benda yang dibuangnya. Hingga kurang lebih umur 1 tahun, anak-anak sangat sering melakukan aktifitas menarik dan mendorong segala macam benda-benda yang dapat dia gerakan dan menimbulkan bunyi suara.

Seringkali para orang tua yang membeli mainan yang kurang tepat fungsi dan kebutuhan bagi anak-anaknya meskipun harganya terbilang sangatlah mahal. Memang benar tidak ada salahnya membeli mainan harga mahal dengan bertujuan agar mainan tersebut aman bagi anak. Kini tidak disangkal bahwa banyak mainan-mainan yang terbuat dari bahan yang tidak aman. Dapat dicontohkan adalah mainan yang dalam pembuatannya dilapisi cat, ini sering kali mengkhawatirkan karena mainan tersebut dilapisi oleh cat yang mudah terkelupas, mengandung racun berbahaya, memiliki bentuk sisi yang tajam, atau yang sering adalah mainan yang mempunyai bagian-bagian kecil yang mudah terlepas.

Bahaya yang dikhawatirkan muncul akan terjadi bila anak memasukkan mainan atau bagian-bagian kecil itu kedalam mulutnya. Kita tidak dapat memungkiri karena anak pada usia-usia ini mereka berusaha mengenal dunianya yang ada didekatnya dengan mulutnya.
Jika demikian halnya sebenarnya para orang tua tidak perlu takut berbelanja untuk membeli mainan, kita para orang tua tetap dapat memilihkan mainan yang cocok harga murah dan tetap aman bagi anak-anak. Apalagi anak sebetulnya kurang peduli terhadap mahal atau tidaknya mainan. Botol air mineral yang sudah dibersihkan kemudian diisi dengan butiran beras dikasih pewarna di dalamnya itu dapat menjadi mainan ‘rattle’ yang murah juga menarik bagi anak. Air yang mengucur dari keran atau di dalam bak mandi, juga serbuk tepung kanji yang dilumurkan pada tangan anak bisa juga menjadi mainan yang sangat disukai oleh mereka.

 

Anak Umur 1-2 tahun

Anak yang telah menginjak usia ini adalah usia yang paling sibuk bagi anak. Hampir setiap saat sang anak selalu bergerak dari satu sisi ke sisi sebelah lain di dalam rumah. Bahkan sudut-sudut yang paling jarang dan sulit dijangkau oleh orang dewasa pun mampu dijangkau oleh anak-anak. Terkadang sering sekali tindakan yang mereka lakukan dapat mengakibatkan kerusakan atau justru membahayakan bagi diri mereka sendiri, misalnya seringkali mereka bermain bersembunyi dibelakang lemari pendingin, memanjat lemari atau rak buku, bersembunyi di bawah kolong tempat tidur.

Untuk fase masa ini, para orangtua perlu sekali menyediakan permainan atau mainan yang berpotensi menumbuh kembangkan potensi kemampuan motorik anak. Jika anak asyik dengan mainan yang aman, maka dia akan mempunyai sedikit waktu untuk menjelajahi sudut-sudut di dalam rumah.

Untuk sementara waktu, rumah Anda akan menjadi rumah yang jarang sekali teratur rapih. Ini terjadi karena anak senang membongkar, menarik, memecahkan barang-barang. Selain itu mereka pun lebih menyukai barang-barang yang asli daripada yang tiruan. Sekalipun Anda sediakan mainan telpon-telponan misalnya, ia lebih suka dengan telpon asli. Demikian juga dengan radio. Anda perlu menyediakan telpon dan radio yang sudah tidak dapat berfungsi dengan baik sebagai mainan anak, bila memungkinkan.

Mengajak anak memetik kangkung akan melatih motorik halus anak. Biarkan dia bermain air waktu Anda mencuci baju. Berikan dia sapu kecil dengan sampah-sampah buatan Anda sendiri. Bukalah laci dan biarkan dia membongkar baju-baju dari dalam laci. Atau buatkan baginya rumah-rumahan dari bantal dan kain. Berbagai mainan sederhana ini sudah cukup menarik bagi anak. Bahkan lengan dan punggung ayah pun dapat menjadi mainan yang menarik dan hidup. Jadikanlah malam hari, sepulang kerja, menjadi waktu yang indah antara ayah dan anak.

 

Usia 2-3 tahun

Masa-masa ketika anak sering memasukkan benda ke dalam mulut sudah usai, kini saatnya anda dapat melatih motorik halusnya dengan obyek benda kecil. Anda pun dapat menyediakan sedikit beras dan sendok plastik supaya anak dapat memasukkan ke dalam botol plastik, beberapa untaian kacang untuk dipijit, dan biji-bijian untuk dipungut anak (tentu saja hal ini perlu dilakukan dengan pengawasan). Sediakan ruang untuk kesempatan bagi si anak untuk dapat mencoret-coret kertas, juga sendok plastik atau sekop plastik agar dapat menggali tanah di pekarangan, atau bermain pasir.

Tidak lupa kemampuan motorik kasar anak juga sangat perlu dilatih dengan menyediakan permainan seperti memanjat di taman, mengayuh pedal sepeda roda tiga, sekedar berlari-lari mengejar orang tuanya, atau melompat-lompat di atas ranjang kasur angin. Berikut beberapa contoh mainan anak perempuan umur 3 tahun , klik atau sentuh –> disini. Dan juga mainan anak laki-laki umur 3 tahun , klik atau sentuh –> disini.

Usia 3-4 tahun

Imajinasi anak pada usia ini mulai berkembang. Demikian pula keinginan belajarnya menjadi semakin besar. Pada usia inilah Anda mulai dapat membelikan mainan yang dapat ia nikmati sendiri sambil memancingnya untuk mengarang cerita.

Anak perempuan mungkin suka sekali akan rumah-rumahan dengan boneka-boneka kecil di dalamnya. Anak lelaki senang dengan kereta api yang dilengkapi pohon, orang-orangan, dan mobil-mobilan. Mereka pun cukup kreatif membuat rumah-rumahan sendiri, entah dari buku, bantal, atau apapun yang dapat dibuat sesuai dengan imajinasi mereka sendiri.

Alat-alat tulis dapat menjadi sahabat yang akrab dengan mereka. Pastikanlah bahwa dalam kamar anak Anda selalu tersedia kertas, krayon atau pinsil warna. Dia mungkin akan asyik menciptakan suatu cerita yang digambarnya sendiri.

Jika anak menyukai komputer, pilihlah permainan komputer yang sehat. Ada berbagai program komputer yang menarik dan dapat dipilih, seperti misalnya “Reader’s Rabbit”, program-program permainan rohani, mengenal angka dan huruf, lego, dan sebagainya. Jangan biasakan anak memainkan permainan yang berbau kriminal karena Anda akan sulit melepaskannya nanti.

 

Usia 4 atau 5 tahun dan seterusnya

Pengaruh teman di sekolah akan semakin besar pada anak. Banyak mainan baru yang tidak Anda sediakan mungkin akan diminta oleh anak. Dalam hal ini Anda perlu sekali menjaga batasan dengan bijaksana. Jangan terlalu keras tapi juga jangan terlalu membebaskan anak dengan membelikan segala sesuatu yang ia mau.

Buatlah prinsip-prinsip penting yang juga diberitahukan kepada anak, misalnya:
1.Tidak membelikan mainan yang diminta anak pada saat jalan-jalan di Mall.
2.Merencanakan pembelian mainan tertentu.Bila suatu mainan tidak pernah direncanakan untuk dibeli, maka mainan itu tidak boleh dibeli.

Demikian pula, pemberian mainan atas dasar suatu prestasi perlu pula direncanakan sebelumnya.
3.Tidak mengizinkan anak membeli mainan di sekolah. Prinsip ini perlu dilaksanakan demi melindungi anak. Bila tidak, dikuatirkan anak

terjerat oleh narkoba atau hal lain yang mungkin membahayakan.
4.Berikan tabungan khusus untuknya.
5.Ajaklah anak memanjatkan doa permintaan khusus untuk suatu mainan tertentu yang ia sukai.

 

Usia Sekolah Dasar

Pilihan mainan yang menumbuhkan daya pengamatan dan memancing anak berpikir merupakan keputusan yang bagus.  Catur, Lego, permainan kartu, dan permainan keluarga atau permainan berkelompok semacam itu dapat memicu anak berpikir cerdas. Untuk kategori ini pentingnya pendampingan dari orang tua sangat diperlukan sekali agar anak menyukai dan terampil menggunakan  mainan tersebut.

Ada juga mainan yang lain yaitu, permainan outdoor, seperti bermain bola, mini golf, basket, dan sebagainya juga merupakan hal yang sangat penting bagi anak. Alangkah baiknya jika di rumah ada suatu bagian tertentu di mana anak bebas bergerak dan bermain. Jika Anda tidak mempunyai pekarangan cukup luas, tentukan daerah yang aman bagi anak untuk bermain. Taman di dekat rumah atau jalanan yang sepi dan terawasi dapat pula merupakan pilihan tempat bermain anak.

Umumnya, bermain di luar bersama teman lebih baik daripada bermain komputer sendirian di kamar. Karena dengan bermain bersama teman, anak juga sekaligus belajar bersosialisasi.

Sebagai saran terakhir, jadikanlah masa bermain dengan anak pada usia muda mereka sebagai momen pelekat hubungan Anda dengan anak Anda. Dengan demikian pada saat remaja nanti, anak Anda tidak akan merasa sungkan membicarakan hal-hal yang sangat pribadi dengan Anda.

Facebook Comments
download

Mobil Rc Formula 1

Rp 235.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 0857-4037-6969
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode757-2045
Nama BarangMobil Rc Formula 1
Harga Rp 235.000
Lihat Detail »
download

Mainan Anak Boneka Set Beauty + Acc

Rp 13.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 0857-4037-6969
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode2388-1BK
Nama BarangMainan Anak Boneka Set Beauty + Acc
Harga Rp 13.000
Lihat Detail »
download

Mobil RC Truck Angkutan Tambang

Rp 630.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 0857-4037-6969
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeXM-6819L
Nama BarangMobil RC Truck Angkutan Tambang
Harga Rp 630.000
Lihat Detail »
download

Pelampung Perahu Udara Motif Cars

Rp 65.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 0857-4037-6969
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode1651-LA001 CARS
Nama BarangPelampung Perahu Udara Motif Cars
Harga Rp 65.000
Lihat Detail »
download

MAINAN BLOCK STREET FIGHTER 6 MACAM

Rp 9800
Detail
Order Sekarang » SMS : 0857-4037-6969
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode0122-0127JLB
Nama BarangMAINAN BLOCK STREET FIGHTER 6 MACAM
Harga Rp 9800
Lihat Detail »
download

KACAMATA RENANG NAFAS SWIM

Rp 20.800
Detail
Order Sekarang » SMS : 0857-4037-6969
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode1180-1161
Nama BarangKACAMATA RENANG NAFAS SWIM
Harga Rp 20.800
Lihat Detail »
download

Mainan rumah-rumahan Dos Sweet Home

Rp 135.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 0857-4037-6969
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode3907RMH
Nama BarangMainan rumah-rumahan Dos Sweet Home House Ware
Harga Rp 135.000
Lihat Detail »

Mainan Bowling Balita

Rp 25.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 0857-4037-6969
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeBL-006 HA
Nama BarangMainan Bowling Balita
Harga Rp 25.000
Lihat Detail »

Print & Download Katalog

0857-4037-6969

Pin BB : 546D3E89

Customer service 1